tembi-rumah-budaya-300x208

Museum Tembi rumah budaya terletak di Jalan Parangtritis Km 8.4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Yogyakarta. Museum Tembi Rumah Budaya merupakan museum yang menyimpan benda -benda warisan budaya Jawa. Museum tembi ini di resmikan pada tanggal 21 Oktober 1999 yang pada awalnya merupakan sebuah Lembaga Studi Jawa. Kemudian pada tanggal 6 september 1995, museum ini dipindahkan ke dusun Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

gamelan-300x146

Koleksi Museum Tembi Rumah Budaya berjumlah kurang lebih 3000 ribu seperti keris, tombak, dan pedang. Wayang kulit, buku-buku sastra Jawa kuno: Babad Tanah Jawi, Babad Sundayana, Babad Mangir, dan Babad Pati. Berbagai macam motif batik dan mainan anak tradisional.

keris-300x184

 

wayang-300x146

Tempat untuk memamerkan koleksi museum ditempatkan pada dua ruangan museum dan sebuah balai rupa Dan untuk buku serta koleksi audio yang berupa kaset di tempatkan di sebuah perpustakaan.

perpus

 

reklame

Berikut beberapa koleksi di Museum Tembi Rumah Budaya:

  1. Senthong Senthong (bilik atau kamar), merupakan tata ruang dalam rumah adat Jawa. Senthong di bagi menjadi tiga yaitu senthong tengah, senthong kiwo (kiri) dan senthong tengen (kanan). Senthong tengah yang sering disebut ruang Dewi Sri (Dewi Kesuburan) yang berfungsi sebagai tempat berdoa kepada Tuhan. Senthong Kiwo biasanya berfungsi untuk menyimpan hasil panen. Senthong tengen berfungsi sebagai tempat tidur.
  2. Senjata Senjata yang dipamerkan di museum ini berupa keris, pedang dan tombak dengan berbagai jenis baik dari pamor, dapur, tangguh, warangka.
  3. Reklame Berbagai bentuk reklame yang dipamerkan di ruang balai rupa satu.

Bersumber dari : www.travel2leisure.com

Advertisements