Museum Negeri Bengkulu berada di bagian selatan dari jalan utama kota Bengkulu, yaitu di jalan Pembangunan. Disini kita dapat melihat berbagai macam benda benda bersejarah. dan juga baju batik buatan Bengkulu yang dinamakan kain Besurek.
Selain itu pula di Museum negeri Bengkulu mempunyai koleksi 99 jenis mata uang kuno baik logam maupun kertas yang pernah beredar di Indonesia dan menjadi peninggalan sejarah.

Uang kuno di Museum Negeri Bengkulu meliputi Gulden, Florin, Rupiah, dan Sen, yang memiliki nilai sejarah berbeda, mulai dari daerah dan tahun yang pengeluaran.

Jenis Gulden sebanyak 13 koleksi, Florin 31, Rupiah 54 dan Sen satu koleksi. Gulden dikeluarkan oleh Belanda pada 1833. Dengan bahan dari perak hanya dua keping masing tahun 1833 dan 1853, sedangkan yang lain terbuat dari kertas. Benda jenis mata uang Gulden terbuat dari bahan perak dengan diameter 3,5 cm ketebalan 0,45 cm serta beratnya 40 gram.

Sementara koleksi jenis tanda jasa, lambang, pangkat resmi, dan lainnya seperti cap serta stempel masuk pada jenis Heraldika yang juga ada di koleksi museum Negeri Bengkulu ini.
Total kumpulan benda bersejarah di museum Negeri Bengkulu terdapat 6.070 benda sejarah.

Advertisements