Kopi adalah suatu minuman besar dan hebat yang pernah dibuat dalam peradaban manusia. Sejak ratusan tahun yang lalau ia mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia. Di negara yang punya sejarah panjang industri kopi, maka mendirikan museum kopi merupakan suatu cara yang hebat untuk menarik pengunjung baik itu yang berasal dari domestik maupun yang dari mancanegara. Lagipula jika museum kopi tersebut dikelilingi oleh beberapa warung kopi yang berbeda yang juga berasal dari perusahaan yang berbeda-beda maka hmm…kedengarannya hebat bukan?

Museum kopi mudah ditemukan di setiap negara penghasil kopi besar. Di mana kopi merupakan minuman favorit maka sudah pasati ada museum kopi di sana. Mari kita lihat contohnya seperti museum kopi UCC Coffee Museum yang terletak di Kobe. Ia bernama UCC coffee museum karena berasal dari perusahaan kopi UCC. Di dalam museum anda akan menemukan sejarah kopi UCC dari sejak awal berdirinya hingga kini. Anda akan menemukan ratusan produk kopi dari UCC yang terdisplay dengan rapi. Anda juga akan terhibur dengan iklan-iklan yang pernah mereka buat untuk mempromosikan produk mereka. Selain kopi itu sendiri, anda juga dapat menemukan mesin pembuat kopi dari sejak jaman dulu hingga kini yang elektronik yang dipakai orang jaman sekarang. Bahkan ada juga manekin atau patung-patung yang merepresentasikan kegiatan di dalam perusahaan kopi tersebut sehingga para pengunjung bia mendapatkan gambaran yang lengkap mengenai industri tersebut. Museum kopi yang ainnya seperti London Coffee Museum menawarkan sejarah yang lebih lengkap lagi mengenai produk kopi dan juga mesin pembuat kopi dan lain-lain.

Mungkin kebanyakan dari anda taka tahu aselinya kopi walaupun anda telah mengumumkan bahwa anda adalah pecinta kopi. Beberapa dari anda mungkin telah tahu sejarahnya melalui internet tetapi tak tahu dari secara urutan waktunya atau kronologisnya. Jika anda ingin tahu secara kronologisnya dan juga ingin merasakan pengalaman mengetahui sejarah kopi maka datanglah saja ke museum kopi. Biasanya museum kopi terintegrasi dengan warung kopi dari sebuah perusahaan kopi terkenal. Walaupun ada juga museum kopi yang berdiri sendiri untuk mendidik masyarakat mengenai sejarahnya seperti London Coffee Museum.

Advertisements